2 Jenis Cara Memperbaiki Kipas Angin

Ketika kipas angin Anda mulai mengeluarkan suara dengungan yang cukup mengganggu, maka hal tersebut merupakan tanda akan adanya kerusakan pada mesin kipas atau bisa jadi bahwa kondisi kipas kurang stabil. Jika masalah seperti ini muncul, maka sebaiknya segera diatasi dengan berbagai cara memperbaiki kipas angin untuk menghindari terjadinya risiko kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, ketika Anda mengambil tindakan yang lebih cepat, maka hal tersebut jelas akan memperpanjang umur dari kipas angin yang Anda miliki tersebut. Namun, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada kipas angin, terlebih ketika kipas angin mengeluarkan bunyi dengung yang sangat mengganggu. lihat juga: markasgamers

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

  1. Cara Mengatasi Kipas Angin Berdengung Karena Kotor

Suara mendengung yang keluar ketika kipas dinyalakan bisa menjadi pertanda bahwa kipas Anda dalam kondisi kotor. Dimana kotoran ini menumpuk pada bagian dinamo mesin kipasnya. Penumpukan kotoran yang tidak segera dibersihkan ini bisa menyebabkan mesin dinamo bekerja lebih keras sehingga membuat suara mesinnya terdengar mendengung.

Jika hal ini tidak segera Anda atasi dengan membersihkan bagian yang kotor tersebut, maka semakin lama mesin dinamonya akan menjadi semakin panas, bahkan hingga membuat thermofusenya terputus. Nah, terputusnya thermofuse ini bisa menjadi awal kerusakan dari mesin tersebut.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi hal buruk tersebut terjadi adalah dengan cara membersihkan kipas secara menyeluruh, hingga ke bagian dinamo mesinnya. Lalu, cara memperbaiki kipas angin berdengung selanjutnya adalah dengan pemberian cairan pelumas pada bagian bushing kipas anginnya.

  1. Cara Mengatasi Kipas Angin Berdengung Karena Kapasitor Start Rusak

Kapasitor start ini pada umumnya sering ditemui pada kipas angin besar. Fungsi dari kapasitor start ini sendiri adalah untuk membantu putaran awal yang terjadi pada kipas ketika pertama kali dinyalakan. Selain itu, kapasitor start ini juga bisa membantu menyeimbangkan putaran kipas agar lebih stabil.

Nah, suara dengung yang keluar dari kipas angin bisa dikarenakan adanya kerusakan pada kapasitor start ini. Langkah untuk memperbaikinya adalah dengan membuka bagian terminal kapasitor yang ada di bagian belakang kipas angin. Sebelum Anda membongkar bagian ini, sebaiknya Anda pastikan bahwa steker listrik telah tercabut terlebih dahulu.

Inilah beberapa cara memperbaiki kipas angin berdengung yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Namun, jika memang kendala masih saja terjadi, maka ada baiknya jika Anda membawanya ke tempat service kipas angin terpercaya.